Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan
sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan
tersebut. Komputasi adalah ilmu yang berkaitan dengan pemodelan matematika
dan penggunaan komputer untuk memecahkan masalah-masalah sains.
Landasan berpikir untuk belajar informatika dinamakan berpikir komputasional
(Computational Thinking). Berpikir komputasional ini merupakan suatu kerangka
dan proses berpikir yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan menalar
(reasoning) mengenai sistem dan persoalan
Informatika mencakup aspek teoretis dan praktis, mendorong kalian untuk
mengembangkan daya pikir kritis dan kreatif untuk menghasilkan penemuan
(invention) terkait komputer dan sistem komputasi. Kalian diharapkan
mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip ilmiah yang dipelajarinya untuk
memahami dunia nyata, kemudian menciptakan perangkat keras dan
perangkat lunak yang memudahkan kehidupan.
Berikut ini adalah gambaran umum materi pelajaran Informatika bagi kelas X:
- Berpikir Komputasional: siswa kelas X akan lebih fokus ke persoalan yang solusinya membutuhkan program komputer, sehingga perlu belajar tentang strategi penyelesaian persoalan yang tidak intuitif dan naif, tetapi yang didasari bagaimana komputasi akan dilakukan dengan lebih efisien dan optimal.
- Teknologi Informasi dan Komunikasi: dalam bagian ini siswa kelas X akan memahami integrasi antar aplikasi, memanfaatkan fitur aplikasi yang lebih advanced (lanjut) dibandingkan fase sebelumnya, dan memanfaatkan fitur otomasi yang tersedia.
- Sistem Komputer: siswa kelas X akan belajar mengenai perangkat keras komputer dan menengok lebih dalam serta lebih rinci ke dalam setiap komponen komputer dan sistem operasi. Siswa kelas X akan mempelajari lebih rinci bagaimana data dan program disimpan dalam memori, dan bagaimana instruksi diproses.
- Analisis Data: dalam bagian ini siswa kelas X akan belajar tentang pengelolaan dan penyajian data bervolume lebih besar dan melakukan analisis yang lebih kompleks dari fase sebelumnya. Siswa kelas X juga akan belajar bagaimana mengotomasi pengambilan data dari internet. Ingat, bahwa setiap detik, di internet muncul informasi baru. Kita tidak mungkin mengejar pengambilan data jika tidak melakukan otomasi
- Algoritma dan Pemrograman: siswa kelas X akan belajar membuat program dengan menggunakan bahasa pemrograman tekstual, dengan menerapkan strategi berpikir komputasional yang dikembangkan pada materi Berpikir Komputasional. Peralihan dari program visual ke program tekstual membutuhkan abstraksi yang lebih tinggi dan lebih sulit, tetapi ini menantang!
- Dampak Sosial Informatika: dalam bagian ini siswa kelas X akan belajar mengenai dampak informatika di berbagai bidang seperti ekonomi, hukum dan keterbukaan informasi. Siswa kelas X juga akan mendapatkan gambaran dampak informatika di berbagai bidang serta karir apa saja yang terbuka di bidang informatika.
- Praktik Lintas Bidang : selain mempelajari materi-materi di atas, siswa kelas X juga akan belajar bekerjasama secara kolaboratif untuk membuat rancangan solusi persoalan sosial yang harus mengandung perangkat lunak aplikasi.
Untuk menyiapkan diri menghadapi masa depan di era digital, siswa kelas X juga
perlu membangun kebiasaan-kebiasaan baik yang menumbuhkan karakter yang
baik di dunia nyata maupun dunia digital, karena citra bangsa Indonesia terpapar
di dunia digital yang sangat terbuka akibat kemunculan dan posting konten
orang Indonesia. Bagi pelajar Indonesia, karakter yang baik ini dirumuskan
sebagai profil pelajar Pancasila, yang memiliki ciri-ciri berikut ini: (a) Beriman,
bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, (b) Berkebhinekaan global,
(c) Mandiri, (d) Bergotong Royong, (e) Bernalar kritis, dan (f) Kreatif.
Tonton Videonya dibawah ini
Sumber : Buku Kemendikbud
Download Materi Dalam bentuk PPT di SINISINI
Posting Komentar untuk "Materi Informatika dan Keterampilan Generik Kelas 10 PPT"