Komputer banyak
dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk mempermudah kehidupan, atau
membantu penyelesaian berbagai permasalahan yang kita hadapi. Cara kerja
komputer menyerupai cara kerja manusia. Pada proses pembuatan biskuit, dengan
alat apa pun, tentunya tetap diperlukan bahan dasar tepung, margarin, dan
bahan-bahan lainnya. Bahanbahan tersebut dicampur dan diproses lebih lanjut.
Berpikir
komputasional adalah cara berpikir untuk menyelesaikan persoalan, yang cara
penyelesaiannya, jika dikembangkan, dapat dilakukan oleh komputer. Dengan
demikian, kita akan belajar bagaimana menyelesaikan berbagai persoalan dengan
cara yang efektif dan efisien.
Soal-soal pada bab Berpikir Komputasional mencakup berbagai konsep Informatika. Tentunya, konsep-konsep tersebut tidak terbatas pada soalsoal yang disajikan pada materi Berpikir Komputasional pada jenjang kelas 7, 8, dan 9. Maka, peta konsep yang diberikan pada bab ini tidak dapat menggambarkan konsep Berpikir Komputasional secara keseluruhan, tetapi terbatas pada materi yang dibahas pada kelas 7.
A. Algoritma
Menurut kalian,
apa arti dari pola? Pola dapat digunakan untuk mendefinisikan sebuah bentuk
atau struktur yang tetap. Dalam mengerjakan berbagai kegiatan, terkadang kita
harus mengikuti pola atau aturan-aturan tertentu. Misalnya: seorang siswa
diperbolehkan mengikuti ujian jika membawa kartu bukti peserta ujian. Atau,
seorang peserta pertandingan olahraga diperbolehkan mengikuti pertandingan jika
sudah menyerahkan formulir pendaftaran dan lolos dari pemeriksaan Kesehatan.
Aktivitas
Individu
Aktivitas
BK-K7-01-U: Gelang Warna-Warni
Jika salah satu warna manik-manik habis, Kiki akan meneruskan membuat gelang dengan manik-manik yang tersisa. Manik-manik yang bersebelahan tidak boleh berwarna sama. Kiki memiliki:
- Lima buah manik-manik merah (M)
- Tiga buah manik-manik hijau (H)
- Tujuh buah manik-manik kuning (K)
- Dua buah manik-manik biru (B)
Tantangan
Berdasarkan ketersediaan manik-manik dan aturan urutan warnanya, berapa banyak
manik-manik yang dapat dirangkai oleh Kiki?
Pilihan Jawaban
A. 8 B. 17 C. 15 D. 5
B. Optimasi
Penjadwalan
Dalam kehidupan
sehari-hari, terkadang kita perlu mengatur jadwal untuk berbagai kegiatan.
Misalnya, dari pukul 07.00-pukul 12.00, kita sekolah. Setelah sekolah, ada
beberapa kegiatan yang bisa kita ikuti, misalnya mengerjakan PR, belajar musik,
belajar memasak, bermain bersama teman, dan lainnya. Dengan demikian, kita
harus bisa memilih kegiatan mana saja yang akan kita lakukan pada hari tertentu
dan tentunya, kita perlu juga mengatur jadwal agar kegiatan-kegiatan tersebut
tidak bertabrakan waktunya.
Dalam mengatur
rangkaian pekerjaan, terkadang ditemukan ada dua atau lebih pekerjaan yang
dapat dilakukan secara paralel. Misalnya, ketika kalian akan mengerjakan PR,
ibu meminta bantuan kalian untuk mendidihkan air yang berada pada sebuah panci
besar. Kalian dapat menyalakan kompor dan menaruh panci berisi air di atas
kompor tersebut. Tentunya, kalian tidak perlu menunggu air tersebut sampai
mendidih terlebih dahulu baru mulai mengerjakan PR. Kalian bisa mengerjakan PR
selagi menunggu air tersebut mendidih. Ingat, jangan keasyikan mengerjakan PR
sampai air habis karena terlalu lama mendidih.
Aktivitas
Individu
Aktivitas
BK-K7-03-U: Mengisi Ember
Kerjakan soal berikut ini
Tantangan
Berapakah waktu
tersingkat yang diperlukan oleh Bobo untuk mengisi penuh ketiga ember tersebut?
Jawaban kalian adalah: ... jam ... menit
Download Materinya di sini
atau tonton videonya dibawah ini
terimakasih sangat bermanfaat
BalasHapusterimakasih atas kunjungannya
BalasHapus